Tuesday, February 21, 2017

e-Form (3): Mengunduh Formulir Elektronik

Setelah kita berhasil melakukan instalasi aplikasi Viewer di PC (Lihat langkahnya di sini), langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengunduh Formulir Elektronik SPT yang nantinya akan kita isi. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke DJP Online. Setelah muncul halaman dashboard DJP Online, pilih logo e-Form. Selanjutnya akan muncul dashboard layanan e-form sebagai berikut:

2. Klik tombol "Buat SPT" di pojok kanan atas layar (yang diberi lingkaran merah pada illustrasi di atas) maka kita akan diberi beberapa pertanyaan yang muncul satu per satu. Pertanyaan tersebut akan mengarahkan kita pada jenis formulir SPT yang harus kita unduh.

3. Pada contoh kita kali ini, formulir elektronik yang harus kita unduh adalah formulir elektronik SPT 1770 S maka klik tombol "E-Form SPT 1770 S".

4. Setelah itu akan muncul beberapa isian detail SPT yang harus kita pilih atau isi sesuai dengan SPT yang akan kita laporkan. 

  • Pilih Tahun Pajak 2016. (e-Form baru bisa digunakan untuk pelaporan SPT Tahunan PPh Tahun Pajak 2016)
  • Pilih Status SPT Normal atau Pembetulan dengan meng-click radio button yang ada di depannya. Jika kita memilih Pembetulan maka kita juga harus mengisi angka sesuai dengan pembetulan yang akan kita laporkan.
  • Klik pada check box di depan "Hanya Kirim Token" jika kita sudah pernah mengunduh formulir elektronik sebelumnya dan hanya ingin melakukan permintaan token saja. Jika kita belum pernah mengunduh formulir elektronik, abaikan check box ini.
5. Setelah kita mengisi pilihan di atas, pilih tombol "Kirim Permintaan". Kita akan diminta untuk menyimpan file formulir elektronik SPT yang berekstensi .xfdl pada tempat yang kita inginkan. Di beberapa peramban mungkin file ini akan tersimpan secara otomatis pada default folder hasil unduhan kita.

6. Selain mendapatkan formulir elektronik, kita juga akan mendapatkan e-mail dari efiling@pajak.go.id yang berisi token/kode verifikasi. Kode verifikasi ini nantinya akan digunakan ketika kita akan melakukan submit atas formulir eletronik SPT Tahunan yang telah kita isi.

Demikian tata cara mengunduh formulir elektronik SPT Tahunan pada layanan e-Form Direktorat Jenderal Pajak. Semoga bermanfaat.

Langkah berikutnya klik di sini.


EmoticonEmoticon