Tuesday, February 21, 2017

e-Form (4): Mengisi Formulir Elektronik SPT Tahunan

Setelah pada pos sebelumnya kita telah berhasil mengunduh file formulir elektronik SPT Tahunan, langkah berikutnya yang harus kita lakukan adalah langkah yang paling penting dari proses pelaporan SPT Tahunan, yaitu pengisian formulir SPT itu sendiri.

Berikut akan dijelaskan langkah-langkah pengisian formulir elektronik SPT dengan e-Form:
1. Buka lokasi file formulir elektronik SPT Tahunan yang telah kita unduh pada Windows Explorer. Ingat file tersebut memiliki ekstensi .xfdl. Apabila kita telah meng-install aplikasi Viewer, maka file formulir tersebut akan terasosiasi secara default dengan aplikasi Viewer sehingga icon dari file formulir tersebut berubah menjadi logo aplikasi Viewer. Apabila kita belum meng-install aplikasi Viewer, maka kita harus terlebih dahulu meng-install-nya ke dalam PC. Langkah-langkahnya dapat dibaca di sini.

2. Klik 2 kali file formulir tersebut maka akan terbuka jendela aplikasi Viewer. Direktorat Jenderal Pajak telah menyajikan fitur pre-populated data pada formulir elektronik SPT yang kita unduh sehingga data-data yang pernah kita laporkan pada SPT sebelumnya akan terisi secara otomatis. Misal, untuk daftar harta yang telah kita laporkan pada SPT sebelumnya akan terisi secara otomatis dalam formulir SPT. Apabila terdapat perubahan maka kita tinggal meng-update-nya.

3. Pada formulir SPT elektronik ini kita diminta mengisi formulir dari halaman Lampiran SPT yang paling belakang sampai dengan halaman Induknya. Field yang berwarna merah adalah field yang wajib diisi atau tidak boleh dikosongkan. Untuk mengisi halaman berikutnya kita harus mengklik tombol "Selanjutnya>>" di pojok kanan atas. Kita tidak bisa berpindah ke halaman selanjutnya sebelum mengisi lengkap field yang berwarna merah.

4. Isi lengkap formulir SPT sampai dengan halaman Induknya.

Langkah berikutnya klik di sini.

8 komentar

Halo Admin, menarik sekali infonya. Saya sudah download e-form nya dari DJP online. Pd waktu pengisian sudah sampai di Form 1770 S-I, bagian C, Daftar Pemotongan oleh pihak lain, Pada waktu saya isi Tanggal Bukti, kenapa field nya masih berwarna merah, sehingga saya sulit untuk meneruskan ke "selanjutnya". Tanggal nya tidak mau terbaca oleh sistemnya. Mohon bantuannya. Trimakasih

Pastikan format tanggal menggunakan format DD/MM/YYYY, misal tanggal 02/02/2017. Atau bisa dengan mengklik icon kalender dan memilih tanggal yang sesuai. Pastikan juga tanggal pemotongan tidak melebihi tanggal ketika pengisian SPT. Semoga membantu.

iya min, sudah saya isi sesuai dengan petunjuk keterangannya. tapi tetap saja field nya warna merah. saya download ulang dr djp nya sama juga tanggalnya tetap tidak mau terbaca.

Coba cek juga tanggal di PC-nya. Barangkali tidak update dengan tanggal sekarang. Kalau tetap tidak bisa, saran saya silakan coba dengan PC lain.

gw problemnya sama fid udah coba ganti tanggal di kompi ganti prefference juga ga ngaruh

wah, gitu ya om? kebetulan saya blm ketemu kasus seperti itu. pc nya sudah pakai windows 7 atau yg lebih tinggi kan? sudah coba di pc lain blm?

admin, computer sy pakai windows xp sp 3 (RAM nya 2 giga), ngga bisa upgrade ke windows 7 PRO, bisa ngga pakai EFORM serta applikasi IBM Viewer?

minimal windows 7 pak. terima kasih


EmoticonEmoticon